-->

Cara Login Aplikasi Sispena Akreditasi 2018 dengan Benar

Bagi anda yang merupakan guru atau pengelola data sekolah bagian administrasi pasti tahu kan apa itu Sispena? Sispena atau Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah merupakan sebuah cara untuk membuat sekolah tertentu menjadi ter akreditasi dan kemudian di sahkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasarh atau BANSM.
Aplikasi sispena berbasis web, jadi pasti anda akan butuh panduan bagaimana cara registrasi dan login aplikasi sispena, sebenarnya sangat mudah kok prosedurnya, cukup dengan koneksi internet yang lancar saja.
OK, langkah pertama adalah melakukan login ke aplikasi sispena, bagaimana caranya? ikuti langkah dibawah ini, antara lain:

Registrasi Akun, masukkan username dan password standar, biasanya NPSN (password akan diganti setelah login nanti, jadi tenang saja).
Kemudian klik atau pilih "Sebagai Sekolah" di menu "Level Pengguna".
Apabila sudah, nantinya akan muncul kotak verifikasi berupa ceklis dan gambar yang wajib anda isi, mudah kok.
Login lah ke akun atau aplikasi sispena.

Jika sudah login, terus langkah berikutnya? anda hanya perlu mengisi identitas sekolah, caranya sebagai berikut!.

Pada saat setelah login, di halaman awal tampilan sispena, nanti akan muncul form isian identitas sekolah, isi secara lengkap dan benar informasi di form tersebut, jangan lupa isikan email, email ini fungsinya untuk recovery apabila suatu saat akun terkena blokir atau anda lupa password.
Login ke Beranda Sispena

Oke, setelah mengisi formulir di halaman registrasi sispena, anda hanya perlu masuk ke beranda dimana ini merupakan laman inti untuk tahap penilaian evaluasi sekolah.

Di menu beranda kosong? berati seolah anda belum di mapping sebagai calon sekolah yang akan di akreditasi pada tahun berjalan, ini murni keputusan dari BAP.

Supaya sekolah kita dapat masuk sasaran akreditasi, kita akan menggunakan fitur simulasi sispena yang terdapat di bagian kiri, so gimana caranya? ikuti step by stepnya dibawah ini:
Isikan Instrumen Akreditasi Sekolah

Anda hanya perlu mengisi tabel evaluasi diri sekolah yang berupa pernyataan kepala sekolah, prasyarat akreditasi dan berbagai informasi pendukung dan photo serta kartu kendali.
Berikut ini masing masing penjelasannya dari instrumen instrumen tersebut.

Pernyataan Kepala Sekolah.

Anda di haruskan mengupload surat pernyataan yang berisi pernyataan dari kepala sekolah tentunya, anda dapat mendownload format penulisannya di laman aplikasi sispena ini.
Prasyarat

Berupa 6 tombol, anda diharuskan memasukkan dokumen berupa pdf yang berupa dokumen:

  1. Surat Izin Operasional ( Unduh )
  2. Daftar Siswa Sekolah ( Unduh )
  3. Data PTK ( Unduh )
  4. Pernyataan Kurikulum ( Unduh ) 
  5. Daftar Nama Lulusan 1 Tahun Terakhir ( Unduh ) 
  6. Data mengenai Sarana dan Prasarana yang terdapat di sekolah. ( Unduh )

Di langkah berikutnya, anda akan disuruh untuk mengunduh instrumen pengumpulan data, unduhlah dan berikan ke penanggung jawab atau kepala sekolah. jika sudah nanti tinggal di upload lagi.

Photo

Berupa foto sekolah baik itu plang, sarpras dan berbagai kegiatan yang ada di sekolah serta kondisi bangunan.

Input Evaluasi

Anda diharuskan mengisi kolom penilaian dengan terlebih dahulu memahami tombol petunjuk teknis yang terdapat di kanan atas.
Kemudian tinggal klik pilihan opsi yang tersedia dan jika sudah berubah menjadi hijau, klik tombol selanjutnya.
Langkah terakhir adalah dengan mengklik tombol simpan dan anda dapat melihat hasil penilaian dengan klik lihat.
Nantinya daftar nilai berupa nilai standar, akhir, peringkat dan sebagainya akan muncul dan jika muncul warna hijau, berarti sekolah lulus akreditasi.

Langkah terakhir dan paling penting adalah "Kartu Kendali" anda harus menginput kartu kendali jika proses akreditasi sudah selesai.  jangan sampai ada data yang kurang sesuai dengan kartu kendali ini karena nantinya tidak akan dapat diganti lagi.

Klik tombol print dan mintalah KS untuk tanda tangan. lalu kemudian tinggal di scan dan uploas file.

Itulah cara login aplikasi sispena bagi sekolah tentunya yang dimapping, jika belum lakukan langkah yang seperti saya bilang diatas.

0 Response to "Cara Login Aplikasi Sispena Akreditasi 2018 dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel