-->

RUMUS TERBILANG EXCEL MANUAL TANPA MACRO UNTUK MERUBAH ANGKA MENJADI HURUF

Merubah angka menjadi huruf atau kalimat secara otomatis seringkali kita butuhkan saat bekerja dengan microsoft excel. Kasus seperti ini biasanya disebut dengan fungsi atau rumus terbilang excel.

Hal ini mengacu pada pembuatan kwitansi yang biasanya menyebut kalimat terbilang dari nominal rupiah. Misalnya merubah angka Rp. 750.000,- menjadi Tujuhratus Limapuluh Ribu Rupiah.

Umumnya cara yang ditawarkan dalam kasus terbilang excel ini menggunakan kode macro VBA atau menggunakan ADDIN terbilang excel.


Menggunakan kode VBA atau Addin fungsi terbilang rupiah pada excel ternyata memiliki beberapa kekurangan, antara lain:
gurunusantara4.blogspot.com

Jika menggunakan addin, kemungkinan fungsi terbilang tidak akan bekerja jika dibuka pada  komputer lain.
Jika menggunakan kode VBA bagi yang awam akan kesulitan menerapkannya.
Jika menggunakan kode VBA maka file tidak bisa disimpan dengan ekstensi .xlsx
Dan lain-lain.

Sebenarnya selain menggunakan kode VBA dan atau Addin terbilang rupiah excel kita bisa menggunakan kombinasi beberapa fungsi excel untuk membuat  rumus terbilang excel.

Kali ini saya akan berbagi dua macam rumus terbilang excel. Yang pertama untuk terbilang rupiah misalnya angka 1.500.000 menjadi Satu Juta Lima Ratus Ribu. Yang kedua rumus terbilang excel untuk merubah angka ke kata misal 89,90 menjadi Delapan Sembilan Koma Sembilan Nol

Untuk menggunakan rumus terbilang excel diatas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

excel hanya menampilkan maksimal 15 digit angka. Jadi jika anda membutuhkan lebih dari 15 digit rumus diatas tidak akan menghasilkan fungsi terbilang sebagaimana mestinya.

Rumus terbilang excel diatas tidak bisa menampung angka dibelakang koma, jika anda membutuhkan angka dibelakang koma jangan menggunakan rumus diatas atau pisahkan dulu antara angka depan koma dan belakang koma. Untuk kebutuhan ini silahkan baca tutorial tentang pembulatan excel.
A1 pada rumus diatas adalah sel dimana angka yang akan kita konversi ke kalimat berada jadi silahkan disesuaikan.

Jika regional setting komputer anda masih default english rubah ke bahasa Indonesia atau silahkan ganti Titik koma (;) pada rumus excel diatas menjadi koma (,). Untuk kebutuhan merubah karakter teks secara bersamaan silahkan baca artikel tentang fitur FIND and REPLACE.

Memeplajari Tentang RUmus Terbilang Excel Silahkan Download 

Untuk penjelasan masing-masing fungsi yang digunakan silahkan baca artikel-artikel belajar excel sebelumnya: Fungsi SUBTITUTE, Fungsi MID, Fungsi TRIM

0 Response to "RUMUS TERBILANG EXCEL MANUAL TANPA MACRO UNTUK MERUBAH ANGKA MENJADI HURUF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel