-->

Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK-13 ( Guru Nusantara )

Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK13

Penilaian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guru yang berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi dasar setelah mengikuti proses pembelajaran. Data yang diperoleh pendidik selama pembelajaran berlangsung dijaring dan dikumpulkan melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar atau indikator yang akan dinilai. Dari proses ini, diperoleh potret/profil kemampuan peserta didik dalam mencapai sejumlah kompetensi dasar yang dirumuskan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan masing-masing. Data tersebut diperlukan sebagai informasi yang diandalkan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK13
Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK13

Penilaian pendidikan adalah proses untuk mendapatkan informasi tentang prestasi atau kinerja peserta didik. Hasil penilaian digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan efektivitas proses pembelajaran yang diselenggarakan bersama oleh guru dan peserta didik beserta perangkat pembelajaran lain yang digunakan. Fokus penilaian pendidikan adalah proses dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi yang ditentukan. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sebagai target akhir pada satuan pendidikan, Kompetensi Inti (KI) pada satuan tingkat kelas serta mata pelajaran yang selanjutnya dijabarkan dalam bentuk Kompetensi Dasar (KD) sebagai jabaran lebih lanjut dari kedua kompetensi sebelumnya.
Penilaian pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan informasi melalui sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta didik, pengolahan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik. Penilaian dilaksanakan melalui berbagai teknik/cara, seperti penilaian unjuk kerja (performance), penilaian tertulis (paper and pencil test) atau lisan, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya peserta didik (portfolio), dan penilaian diri.

Penilaian hasil belajar baik formal maupun informal diadakan dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memungkinkan peserta didik menunjukkan apa yang dipahami dan mampu dikerjakannya. Hasil belajar seorang peserta didik dalam periode waktu tertentu dibandingkan dengan hasil yang dimiliki peserta didik tersebut sebelum mengikuti proses pembelajaran, dan dianalisis apakah ada peningkatan kemampuan, bila tidak terdapat peningkatan yang signifikan, maka guru memunculkan pertanyaan; apakah program yang saya buat terlalu sulit?, apakah cara mengajar saya kurang menarik?, apakah media yang digunakan tidak sesuai?, dan lain-lain. Tingkat kemampuan satu peserta didik tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan peserta didik lainnya, agar tidak merasa rendah diri, merasa dihakimi oleh pendidik tetapi dibantu untuk mencapai kompetensi atau indikator yang diharapkan.

Berikut ini Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK13 yang dapat  Bapak/Ibu guru download dengan membuka link download dibawah ini. Semoga bermanfaat...


Link Download:
Teknik Mapel PJOK Kelas 4 KK13

0 Response to "Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK-13 ( Guru Nusantara )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel