-->

Contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA) PPG 2018

Contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA) PPG 2018


Dalam rangka meningkatkan kompeteni guru menuju guru yang profesional, pemerintah terus memperbaiki kualitas pendidik. Berbagai pola telah diterapkan untuk menghasilkan guru yang profesional. Tahun ini, PLPG telah dilaksanakan. Sementara itu, di tahun 2018 pola PLPG diganti dengan PPG prajabatan dan PPG dalam jabatan (PPGJ).
Untuk menjadi peserta PPGJ, calon peserta harus mengikuti serangkaian tes guna mengetahui kemampuan awal peserta.


Berikut akan saya bagikan contoh soal Tes Potensi Akademik (TPA). Dengan mengetahui sebaran soal pretest ini, diharapkan peserta dapat menyiapkan diri dalam menghadapi pretest PPG. Adanya pemetaan kemampuan awal calon peserta, besar harapaan agar pemerintah dapat mengambil kebijakan untuk pendiidkan yang lebih baik. 
TPA (Tes Potensi Akademik) merupakan tes yang diberikan kepada calon mahasiswa. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur keberhasilan siswa dalam menyelesaikan kuliah di perguruan tinggi.
Contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA) PPG 2018
Contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA) PPG 2018
4000 Kuota Beasiswa LPDP Tahun 2018 Dibuka! Baca Disini
Materi soal TPA biasanya terdiri atas 3 subtes, yaitu: 
Verbal (tes persamaan kata, tes lawan kata, dan analogi verbal) 
Kuantitatif (tes number, tes seri, tes aritmetik, dan logika aritmetika) 
Penalaran (logika formal, analitis, keruangan (spasial), dan penalara logis.
Pada pretest PLPG Guru 2017, Guru diberikan tes TPA juga. Hal ini disebabkan karena, jika lulus dalam pretest ini guru akan mengikuti kegiatan PPG dalam jangka waktu beberapa bulan. Diharapkan dengan mengeatahui nilai TPA guru, penyelenggara PPG akan memperoleh bayangan keberahasilan guru perserta PPG dalam menyelesaikan setiap tahapan PPG 2018.

Untuk mempersiapkan diri dalam mengahadapi tes ini, berikut saya berikan beberapa Tes Potensi Akademik bagi guru yang akan mengikuti Pretes PPG . Semoga soal-soal ini bermanfaat.

0 Response to "Contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA) PPG 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel