-->

Download Buku 1 Panduan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SD

Download Buku 1 Panduan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SD

Download Buku 1 Panduan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SD-Salah satu kebijakan strategis pendidikan nasional sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah manajemen berbasis sekolah (MBS). MBS tersebut merupakan pendekatan manajemen yang harus diterapkan oleh sekolah dasar sebagai bagian dari satuan pendidikan dasar berdasarkan standar pelayanan minimal. Penerapan MBS di sekolah mendorong sekolah harus secara aktif, mandiri, terbuka, dan akuntabel melakukan berbagai program peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah sendiri dengan disertai pembuatan keputusan secara partisipatif .
Buku 1 Panduan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SD
Buku 1 Panduan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SD
Pada dasarnya MBS telah dilaksanakan di sekolah-sekolah dasar meskipun dalam berbagai katagori tingkatan. Ada sekolah dasar (SD) yang telah menerapkan MBS dengan katagori baik. Ada sekolah dasar yang penerapannya dalam katagori sedang. Ada pula SD yang penerapan MBSnya pada katagori awal atau kurang. Sehubungan dengan hal tersebut dalam upaya mencapai target sasaran rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 diprogramkan 90% SD melaksanakan MBS dengan baik, maka perlu upaya strategis yang berkesinambungan. Dalam upaya mencapai target sasaran rencana strategis tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi , maka Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melakukan kegiatan Pembinaan Teknis MBS sebagai salah satu bagian dari pembinaan sekolah dasar secara menyeluruh.
Buku 5 Panduan Pengawasan & Evaluasi MBS SD.pdf 
Buku 4 Panduan Pelaksanaan MBS SD.pdf 
Buku 3 Panduan Replikasi MBS SD.pdf 
Buku 2 Panduan Bimtek MBS SD.pdf 
Dalam rangka mendukung pelaksanaan Pembinaan Teknis MBS tersebut agar dapat berjalan dengan efektif dan mencapai sasaran, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar telah menyusun berbagai buku panduan MBS. Buku tersebut disusun dengan melibatkan berbagai instansi seperti UNICEF Jakarta, USAID-Prioritas, Universitas Negeri Malang, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Sekolah Dasar. Buku-buku tersebut yaitu: (1) Buku I: Panduan Pembinaan Manajemen Berbasis Sekolah di SD, Sebagai Grand Design Pola Pembinaan MBS di Sekolah Dasar , (2) Buku II: Panduan Bimbingan Teknis MBS di SD, (3) Buku III: Panduan Replikasi MBS SD di Kabupaten/Kota , (4) Buku IV: Panduan Pelaksanaan MBS di SD , dan (5) Buku V: Panduan Pengawasan dan Evaluasi Pelaksanaan Program MBS di Sekolah Dasar. Panduan-panduan tersebut perlu disosialisasikan agar sekolah-sekolah dasar dapat menerapkan MBS dengan baik secara bertahap dan merata di seluruh wilayah Indonesia melalui Bimtek yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai ke gugus sekolah/sekolah dasar.

Panduan-panduan tersebut disusun sebagai acuan bagi guru dan kepala sekolah SD, pengawas SD, pejabat dinas pendidikan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam melaksanakan, mengawal, dan memfasilitasi implementasi manajemen berbasis sekolah di SD. Sebagai langkah awal panduan ini masih perlu penyempurnaan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, kritik dan saran dari berbagai pihak sangat kami harapkan. Kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan naskah ini kami sampaikan terima kasih. 

Lihat di Bawah Ini :

Semoga panduan-panduan tersebut dapat bermanfaat sebagai sarana peningkatan mutu kinerja dan manajemen sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

0 Response to "Download Buku 1 Panduan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel