Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS

Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS

Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS-Keberhasilan penguasaan suatu konsep hanya akan diperoleh jika peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, karena konsep yang telah dipahami akan melekat dalam ingatan peserta didik dalam waktu yang lama, sehingga penting sekali bagi peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking skill). Salah satu cara untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu dengan cara melakukan penilaian. Penilaian yang berupa tes dapat digunakan untuk mengasah kemampuan berpikir peserta didik, dan berpengaruh dalam menentukan keterampilan berpikir peserta didik. Banyak penelitian memperlihatkan bahwa peserta didik di Indonesia memiliki memampuan HOTS yang rendah dibandingkan dengan negara lainnya, salah satu faktor yang penyebabnya adalah peserta didik kurang terus dilatih untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, agar peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari dengan baik. oleh karena itu perlu sekiranya guru lebih mengotimalkan teknik penilaian yang berupa tes yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan berpikir peserta didik, dalam hal ini HOTS. Artikel ini berupaya untuk memberikan gambaran mengenai pengembangan teknik penyusunan penilaian hasil belajar peserta didik yang bermuatan HOTS.
Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS
Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS

Revisi terkini dalam Kurikulum 2013 yang diberlakukan difokuskan pada penyempurnaan dua bagian besar kurikulum, yaitu standar isi dan standar penilaian. Pada standar isi dirancang agar peserta didik mampu berpikir kritis dan dan analitis sesuai dengan standar internasional yang dilakukan dengan mengurangi materi yang tidak relevan dan pendalaman serta perluasan materi yang relevan bagi peserta didik, sedangkan pada standar penilaian dilakukan dengan mengadaptasi model-model penilaian standar internasional secara bertahap. Penilaian hasil belajar lebih menitikberatkan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) (Kemendikbud, 2017).
Penyempurnaan kurikulum untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan berdasarkan hasil studi internasional Programme for Internasional Student Assessment (PISA) yang memperlihatkan data bahwa prestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematical literacy), dan literasi sains (scientific literacy) peserta didik Indonesia sangat rendah. Maka dari itu diperlukan adanya perubahan sistem dalam pembelajaran. (Kemendikbud, 2016).

File Instrumen PKP SD 2019
Unduh Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran.docx 
Unduh Format Monitoring dan Penilaian Hasil Belajar.docx

Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat dilatih dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang dilakukan harus memberikan ruang kepada peserta didik untuk menemukan konsep pengetahuan berbasis aktivitas dan bermakna. Oleh karena itu dalam revisi K 2013 menekankan harus mengintegrasikan (Higher Order Thinking Skills/HOTS) dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan pembelajaran harus memberikan pelatihan bukan hanya

File Di Bawah ini :

Instrumen Penilaian Diri.docx 

untuk pembelajaran mendasar siswa pemahaman secara konseptual, tetapi juga kemampuan tingkat tinggi siswa. Selanjutnya untuk mempermudah pemahaman dalam artikel ini Higher Order Thinking Skills akan ditulis HOTS. Namun dalam faktanya, penerapan pembelajaran HOTS bukan hal yang mudah dilaksanakan oleh guru. Guru harus benar-benar menguasai materi dan strategi pembelajaran dan guru juga dihadapkan pada tantangan dengan lingkungan siswa. Pembelajaran akan bermakna jika siswa diajak berpikir tingkat tinggi. Keberhasilan penguasaan suatu konsep akan didapatkan ketika siswa sudah mampu berpikir tingkat tinggi, dimana siswa tidak hanya dapat mengingat dan memahami suatu konsep, namun siswa dapat menganalisis serta mensintesis, mengevaluasi, dan mengkreasikan suatu konsep dengan baik, konsep yang telah dipahami tersebut dapat melekat dalam ingatan siswa dalam waktu yang lama, sehingga penting sekali bagi siswa untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Laily, 2013).

Kumpulan LK Kajian Konsep HOTS dalam program PKP 2019

Unduh LK.1 Konsep HOTS.docx 
Unduh LK.2 unit pembelajran.docx
Unduh LK.3 Format desain pembelajaran.docx 
Unduh LK.4 Penilaian HOTS.docx 
Unduh LK.5 RPP.docx
Unduh LK.6 Reviu RPP.docx 
Unduh LK.7 Jurnal Pratek Pembelajaran.docx
Unduh LK.8 Format Catatan Refleksi.docx
Unduh LK.9 Sistematika Laporan Best Practice.docx 


Demikian Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS dapat bermanfaat untuk bapak ibu guru yang sedang melaksanakan diklat PKP 2019. 


0 Response to "Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel