Materi : Pendampingan Penyelenggaraan Program Nasionalisme Dan Karakter Bangsa

Memudarnya rasa nasionalisme pada generasi muda akhir-akhir ini semakin jelas terlihat. Hal ini menjadi salah satu penyebab menurunnya karakter anak-anak bangsa. Hal ini terjadi karena enerasi muda tidak mampu mengendalikan diri dan menyaring budaya masuk yang sesuai dengan budaya kita. Sehingga para pelajar dan anak bangsa mengikuti budaya barat dengan alasan trend, padahal budaya barat bertentangan dengan budaya kita. Melemahnya nasionalisme dikalangan anak muda disebabkan beberapa faktor, salah satunya sikap keluarga dan lingkungan sekitar serta sekolah yang tidak mencerminkan rasa nasionalisme, sehingga anak muda meniru sikap tersebut. Anak muda merupakan anak yang masih meniru hal-hal yang baru terhadap lingkungan sekitarnya.

Penanaman nasionalisme sejak dini melalui pendidikan karakter dapat mengembalikan kecintaan pada generasi muda terhadap tanah airnya. Rasa nasionalisme sangat penting diterapkan pada anak-anak Indonesia sejak dini karena nasionalisme sangat penting. Jika generasi muda bangsa sudah tidak cinta lagi dengan negaranya sendiri apa jadinya negara kita mendatang. Generasi muda harus bangga dengan negara kelahirannya. Cara yang dapat dilakukan generasi muda sangatlah simpel, misalnya: melaksanakan upacara bendera, berlatih untuk aktif dalam berorganisasi, memperingati hari besar nasional, serta melalui lagu-lagu nasional.

Selain kesadaran dari diri sendiri rasa nasionalisme juga bisa dibentuk melalui pendidikan karakter. Pendidikan Karakter merupakan pendidikan yang harus didapatkan anak sejak kecil. Karena itu pendidikan karakter dapat digunakan untuk membentuk perbuatan ataupun tingkah laku seorang anak. Upaya untuk membentuk karakter bangsa dapat dilakukan melalui pendidikan formal. Dalam hal ini pendidikan formal yang dimaksud adalah sekolah. Sekolah dapat mengaplikasikan pendidikan karakter untuk membentuk karakter-karakter siswa sehingga akan terwujud suatu karakter  bangsa yang baik.

Pendidikan karakter dapat diaplikasikan mulai dari PAUD,TK, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Nilai-nilai karakter yang dibutuhkan untuk membentuk karakter bangsa adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri,demokratis, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air,menghargai prestasi, bersahabat/komuniktif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab.

Untuk materi kegiatan Pendampingan Penyelenggaraan Program Nasionalisme Dan Karakter Bangsa  Melalui Jalur Pendidikan  Pada Satuan Pendidikan Menengah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017 yang  diadakan di wilayah BP2MK wilayah IV eks Karisidenan Kedu, silahkan klik di sini untuk mengunduh materi tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi : Pendampingan Penyelenggaraan Program Nasionalisme Dan Karakter Bangsa"

Post a Comment