-->

Contoh Program Layanan Guru BK SMP Lengkap Program

Program Layanan Guru BK SMP Lengkap Program 
Bimbingan Konseling merupakan acuan dasar untuk pelaksanaan kegiatan satuan layanan bimbingan konseling. Perencanaan ini dibuat bersama oleh personil sekolah yang terkait dengan berpedoman pada petunjuk teknis dengan memperhatikan kondisi sekolah. Perencanaan tersebut berisi bidang-bidang layanan yang dialokasikan menurut waktu ( bulanan, semesteran dan tahunan ).
Program Layanan Guru BK SMP Lengkap
Program Layanan Guru BK SMP Lengkap


  • Jenis Layanan Bimbingan Konseling

Berbagai jenis layanan dan kegiatan perlu dilakukan sebagai wujud penyelenggaraan layanan bimbingan terhadap sasaran layanan, yaitu siswa. Layanan dan kegiatan pokok tersebut yaitu :


  1. Layanan Orientasi.Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa dan pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap siswa ( terutama orang tua ), memahami lingkungan sekolah yang baru dimasukinya. Untuk mempermudah dan memperlancar peran serta siswa di lingkungan yang baru.
  2. Layanan Informasi.Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa dan pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap siswa ( terutama orang tua ), menerima dan memahami informasi ( seperti informasi pendidikan dan jabatan/pekerjaan ) yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.
  3. Layanan Bimbingan Penempatan dan Penyaluran.Yaitu layanan yang memungkinkan siswa mendapat penempatan dan penyaluran secara tepat ( misalnya penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan, ekstrakurikuler ) yang sesuai dengan potensi, minat, bakat dan kondisi pribadinya.
  4. Layanan Bimbingan Pembelajaran.Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnyaserta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya.
  5. Layanan Konseling Individual.Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa mendapat layanan langsung tatap muka dengan pembimbing dalam rangka pembahasan dan pemecahan masalahnya.
  6. Layanan Bimbingan Kelompok.Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan sejumlah siswa secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari nara sumber tertentu yang berguna untuk menunjang kehidupannya sehari-hari.
  7. Layanan Konseling Kelompok.Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa mendapat kesempatan untuk membahas dan memecahkan masalah melalui dinamika kelompok.
B. Isi Layanan Bimbingan Konseling

Layanan bimbingan hendaknya disesuaikan dengan tujuan dan sasaran layanan bimbingan konseling serta karakteristik perkembangan siswa dan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir. Disamping itu sebaiknya diperhatikan pula kebutuhan siswa dari masing-masing tingkatan kelas.


Link Download:

0 Response to "Contoh Program Layanan Guru BK SMP Lengkap Program "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel