Format Buku Daftar Nilai Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 s/d 6 Excell
Format Buku Daftar Nilai Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 s/d 6
Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pengajaran,sedangkan sistem pengajaran itu sendiri merupakan implemtasi kurikulum,sebagai upaya untuk menciptakan belajar di kelas. Fungsi utama evaluasi dalam kelas adalah untuk menentukkan keberhasilan pengajaran. Hasil-hasil dicapai langsung bertalian dengan penguasaan tujuan-tujuan yang menjadi target.
Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 lebih komplek bila dibandingkan dengan penilaian di kurikum KTSP. Dalam proses penilain kurtilas, seorang guru harus melakukan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual, penilaian sosial, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.
Salah satu adaministrasi yang harus disediakan dalam penilaian adalah adanya buku nilai. Buku nilai berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester/Tahun(PAS/PAT). Karena merupakan hal yang baru, admin sangat kesulitan mendapatkan buku penilaian kurtilas yang sesuai dengan kebutuhan.
Berdasarkan hal tersebut, admin mencoba untuk membuat format buku penilaian kurtilas yang dapat memenuhi kebutuhan admin secara pribadi sebagai seorang pendidik. Penilaian kurtilas ini berbasis tema karena dalam sistem pengajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar dilaksanakan dalam bentuk tema, kecuali untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mulok.
Ada kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai Kurtilas ini. Salah satunya karena kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku tematik yang tidak konsisten. Misalnya saja. dalam buku tematik kelas atas semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 , mata pelajaran Matematika dan Penjas orkes berada di luar muatan buku tematik. Namun di tahun pelajaran 2018/2019, muatan pelajaran matematika kelas 4 dan 6 masuk kembali ke dalam buku tematik.
Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan penilaian kurikulum KTSP yaitu mencakup penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Penentuan bobot penilaian untuk tiap-tiap periode penilaian diserahkan kepada sekolah masing-masing. Namun dalam buku panduan penilaian SD kurikulm 2013 diberikan contoh pembobotan penilaian antara lain:
- Penilaian Harian Nilai untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes lisan dan perbuatan. Tidak mesti semua tehnik penilain dilaksanakan dalam satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia . Misalnya KD 3.1 Mapel PPKN diajarkan dalam Tema 1 Sub Tema 1, Sub Tema 2 Dan sub Tema 3. Maka bisa saja penilaian dilaksanakan sebagai berikut: Pada akhir Sub Tema 1 dilakukan penilaian secara lisan. Pada akhir Sub Tema 2 dilaksanakaan penilaian penugasan dan diakhir Tema 1 Sub Tema 3 dilksanaakan penilaian tertulis. Nilai akhir rata-rata harian KD 3.1 merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh tadi atau bisa juga dilakukan dengan sistem pembobotan seperti : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes lisan + nilai tugas:2)
- Penilaian Tengah Semester Penilaian tengah semester dilaksanakan pada pertengahan semester. Mungkin tidak semua KD yang diajarkan di semester bersangkutan akan memiliki nilai tengah semester. Jika KD tersebut hanya diajarkan di buku tema 3, 4, 5 atau tema 8 dan 9 maka KD tersebut tidak akan memiliki nilai PTS.
- Penilaian Akhir Semester/ akhir Tahun Penilaian akhir semester atau akhir tahun dilaksanakan di akhir semester/tahun. Penilaian mencakup semua KD yang diajarkan di semester tersebut.
Pembobotan penilaian untuk nilai akhir KD ditentukan sesuai kebijakan lembaga / sekolah yang bersangkutan. Namun sebagai rambu-rambu, dalam Buku Panduan Penilaian K13 SD di berikan contoh pengolahan penilaian akhir KD. Pembobotannya antara lain:
- Nilai akhir KD jika memiliki nilai PTS adalah : ((2 X NPH) + NPTS + NPAS):4
- Nilai akhir KD yang tidak memiliki nilai PTS : ((2 X NPH ) + NPAS);3
- Nilai akhir untuk muatan pelajaaran adalah nilai rata-rata dari nilai akhir KD.
Untuk penilaian Kompetensi Keterampilan, dalam Buku Panduan dijelaskan jika dalam satu KD dengan materi yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama ( misal dalam KD 4.1 melakukan penilaian praktek 2 kali), maka nilai yang diambil nilai maksimum. Namun jika penilaian dilakukan dengan tehnik yang berbeda (misal praktek, produk dan proyek), maka nilai akhir ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.
bagi rekan-rekan yang belum memiliki format penilaian K 13 untuk sekolah dasar, bisa Unduh di link di bawah ini:
Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas I.xlsx
Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 6.xlsx
Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 5.xlsx
Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 4.xlsx
Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 3.xlsx
Format Daftar Nilai Harian Kurtilas Kelas 2.xlsx
0 Response to "Format Buku Daftar Nilai Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 s/d 6 Excell"
Post a Comment