-->

Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SMP/MTS

Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SMP/MTS

Dalam Kurikulum 2013 Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah proses pengumpulan informasi / data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah / madrasah dan digunakan untuk penentuan kelulusan dari satuan pendidikan. Lingkup penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SMP/MTS
Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SMP/MTS

Untuk penilaian pada semester pertama istilah terbaru yaitu Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  3. Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Berikut ini adalah materi lengkap Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SMP/MTS
Kisi-Kisi USBN SMP PA Islam K-2013.pdf 
Kisi-Kisi USBN SMP PA Islam K-2006.pdf 
Kisi-Kisi USBN SMA-SMK PA Islam K-2013.pdf 
Kisi-Kisi USBN SMA-SMK PA Islam K-2006.pdf
Kisi Kisi USBN SMP PA Kristen K-2013.pdf
Kisi Kisi USBN SMP PA Kristen K-2006.pdf
Kisi Kisi USBN SMTK PA Kristen K-2013.pdf
Kisi Kisi USBN SMTK PA Kristen K-2006.pdf
Kisi Kisi USBN SMTK Pengetahuan Alkitab.pdf 
Kisi Kisi USBN SMTK Keagamaan.pdf 
Kisi Kisi USBN SMPT Sejarah Gereja.pdf
Kisi Kisi USBN SMP PA Katolik dan Budi Pekerti SMP K-2013.pdf
Kisi Kisi USBN SMP PA Katolik dan Budi Pekerti K-2006.pdf 

Demikian ulasan singkat materi tentang Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SMP/MTS semoga dengan adanya materi ini dapat mempermudah bapak ibu guru dalam menyusun soal Penilaian Akhir Semester genap di Tahun Pelajaran 2018/2019. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjeaskannya. Sampai saat ini kami tetap menunggu partisipasi anda semua terutama kritika, saran serta masukan demi peningkatan blog ini dan dunia pendidikan pada umumnya.

0 Response to "Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SMP/MTS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel