-->

Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2

Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. 

Fungsi Pengembangan Silabus


Pengembangan silabus pada hakekatnya ditujukan kepada guru dan kelompok guru mata pelajaran di sekolah/madrasah, musyawarah guru mata pelajaran, dan dinas pendidikan. Sejalan dengan itu maka tujuan pengembangan silabus adalah membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya  dalam menjabarkan Kompetensi Dasar (KD) menjadi perencanaan pembelajaran yang akan dicapai.

Fungsi pengembangan silabus secara umum adalah:
  1. Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan  materi ajar; (3) pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaian yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
  2. Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok  dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).
  3. Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.
Dengan adanya sebuah rancangan yang matang, maka dalam pelaksanaan pembelajaran guru akan lebih terarah dalam penyajian materi ajar atau pengalaman-pengalaman belajar, sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2
Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2

Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2 ini Admin bagikan secara gratis untuk membantu rekan-rekan Guru kelas 3 dalam melengkapi Administrasi Kelas, sehingga Rekan-rekan guru dapat lebih fokus dalam melakukan Proses belajar Mengajar dikelas.

Pengertian SILABUS itu sendiri adalah merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.



Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2 atau Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2 yang dapat Anda download melalui tautan yang Admin berikan dibagian bawah postingan ini.
Silabus K13 Kelas 4 Tema 6.doc
Silabus K13 Kelas 4 Tema 7.doc 
Silabus K13 Kelas 4 Tema 8.doc 
Silabus K13 Kelas 4 Tema 9.doc
Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2 ini dibuat dalam format .docx sehingga memudahkan rekan-rekan guru dalam melakukan editing seperti nama Kepala Sekolah, Nama Guru, NIP dan lain sebagainya yang tentunya disesuaikan dengan Sekolah Anda.

Demikian semoga materi Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2 dapat bermanfaat dengan maksimal, mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam membagikan dan menjelaskan berbagai materi di blog ini. 

0 Response to "Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel