Jenis Administrasi Sekolah Berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan
Administrasi sekolah adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa merencanakan, mengatur (mengurus), melaksanakan dan mengendalikan semua urusan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Administrasi sekolah merupakan suatu proses pemanfaatan segala sumber (potensi) yang ada di sekolah baik personil (Kepala Sekolah dan stafnya serta guru-guru dan karyawan sekolah lainnya) maupun material (kurikulum, alat/media) dan fasilitas (sarana dan prasarana) serta dana yang ada di sekolah secara efektif.
Penataan administrasi bagi sekolah menjadi begitu penting sebagai sumber data utama manajemen sekolah dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya tujuan sekolah.
Secara lebih spesifik, administrasi sekolah berfungsi :
• Memberi arah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah
• Memberikan umpan balik bagi perbaikan proses dan hasil pendidikan di sekolah
• Meningkatkan mutu penyelenggaraan administrasi sekolah
• Menunjang tercapainya tujuan/program sekolah secara efektif dan efisien
Saat ini penataan administrasi sekolah lebih mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Akan tetapi yang sering timbul di lapangan, kita terkadang bingung mengenai jenis-jenis administrasi yang mengacu kepada 8 standar tersebut. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan beberapa contoh jenis administrasi yang sesuai dengan 8 standar nasional pendidikan tersebut.
ADMINISTRASI STANDAR ISI :
Dokumen KTSP (Buku 1, 2, 3)
Dokumen Penyusunan Kurikulum (termasuk kurikulum mulok)
SK Tim Pengembang Kurikulum
Dokumen Penetapan KKM
Kumpulan acuan/referensi/peraturan
Program dan laporan pengembangan diri (BK, Ekstrakurikuler)
Kalender Pendidikan
Pemetaan SK – KD – Indikator
Program PT dan KMTT semua mapel
dll.
Download Lengkap penjabaran item Jenis Administrasi Sekolah Berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan di bawah ini :
File Penting :
0 Response to "Jenis Administrasi Sekolah Berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan"
Post a Comment